Pembelajaran berbasis CRT mempertimbangkan komponen-komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih efektif, kecuali….? Lihat kunci jawaban Modul CRT PPG 2025.
Cari juga jawaban soal: Pembelajaran dengan pendekatan CRT dibuat berdasarkan pada……
Pembelajaran Responsif Budaya (CRT) atau Teaching yang Responsif Budaya merupakan pendekatan pengajaran yang mengakui dan menghargai perbedaan budaya siswa dengan menyisipkan aspek budaya tersebut ke dalam proses pembelajaran agar siswa dapat memahami, menghargai, serta memperkuat identitas budaya mereka sambil meningkatkan prestasi akademik. Dalam hal ini, guru tidak hanya menambahkan materi berkaitan dengan budaya, tetapi juga menciptakan hubungan yang bermakna, memahami pengalaman hidup siswa, serta menggunakan pengetahuan budaya sebagai jembatan untuk memahami pelajaran.
Topik ini dipelajari oleh peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 dalam modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (Umum) yang tersedia di platform Ruang GTK, yang kini memasuki tahap kedua. Setelah menyelesaikan modul tersebut, peserta akan mengikuti Latihan Pemahaman. Oleh karena itu, bagi guru yang memerlukan, artikel ini menyediakan jawaban sebagai panduan.
Kini perhatikan Soal Pemahaman Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran
1.Pembelajaran berbasis pendekatan CRT dirancang dengan mempertimbangkan….
A. latar belakang pendidikan peserta didik
B. latar belakang keluarga peserta didik
C. latar belakang pertemanan belajar peserta didik
D. latar belakang budaya peserta didik
E. latar belakang sekolah peserta didik
Jawaban: D.latar belakang budaya peserta didik
2.Pembelajaran berbasis pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali….
A. kebiasaan
B. karakter
C. pengalaman
D. perspektif
E. prestasi
Jawaban: E. prestasi
3.Komponen pembelajaran yang sering tidak memperhatikan latar belakang budaya peserta didik adalah…
A. tujuan pembelajaran
B. materi ajar
C. kegiatan pembelajaran
D. sumber pembelajaran
E. media pembelajaran
Jawaban: A. tujuan pembelajaran
4.Guru harus memiliki kesadaran budaya yang kritis untuk….
A. mengevaluasi nilai budaya secara objektif
B. mengukur keyakinan secara objektif
C. meningkatkan kesadaran yang lebih tinggi terhadap sejarah
D. meningkatkan kemampuan komunikasi yang efektif
E. semua benar
Jawaban: E. semua benar
5.Kebaikan dari pembelajaran menggunakan pendekatan CRT adalah, kecuali….
A. Meningkatkan semangat belajar siswa
B. Meningkatkan partisipasi siswa
C. Meningkatkan keterampilan sosial dan emosional siswa
D. Meningkatkan kepuasan siswa dan tenaga pendidik
E. Meningkatkan kehadiran siswa di sekolah
Jawaban: E.Meningkatkan kehadiran siswa di sekolah
6.Salah satu tahap dalam pembelajaran menggunakan pendekatan CRT adalah identitas pendidik. Pada tahap ini diharapkan….
A. siswa diajak untuk mengenali identitas budaya orang lain dan memahami maknanya
B. siswa diajak untuk mengenali identitas budaya orang lain dan menghubungkannya dengan budayanya sendiri
C. siswa diajak untuk memahami identitas budaya orang lain dan merefleksikannya melalui sifat dan kepribadian mereka sendiri
D. siswa diajak untuk mengenali identitas budayanya sendiri yang terkait dengan materi yang akan disampaikan
E. siswa diajak untuk mengenali identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan budaya negaranya
Jawaban: D.siswa diajak untuk memahami identitas budayanya sendiri yang terkait dengan materi yang akan disampaikan
7.Pada sebuah pertemuan, siswa-siswa Pak Widi sangat antusias saat membandingkan hasil diskusi mengenai budaya dengan materi yang sedang mereka pelajari. Namun, Pak Widi menyadari bahwa ia perlu turut serta dalam diskusi agar proses pembelajaran tetap berjalan sesuai rencana. Dalam situasi ini, Pak Widi bisa berperan sebagai….
A. motivator
B. fasilitator
C. pendamping
D. instruktur
E. pengambil kesimpulan
Jawaban: B. fasilitator
8.Pak Rafi sedang mengajar menggunakan pendekatan CRT di kelasnya. Siswa-siswanya merasa bingung menemukan hubungan antara materi yang sedang dipelajari dengan budaya mereka. Tindakan yang bisa dilakukan oleh Pak Rafi adalah….
A. Mengajak siswa untuk bekerja sama dan mencari data dari berbagai macam sumber
B. Mengajak siswa untuk berupaya menyelesaikan masalah tersebut semaksimal mungkin
C. Mengajak siswa mencari jawaban dalam buku teks
D. Mengajak siswa untuk mencari jawaban dengan melakukan wawancara terhadap anggota sekolah
E. Mengajak siswa untuk berdiskusi dan jika masalah belum terselesaikan, langsung memberikan solusinya
Jawaban: A.Mengajak siswa untuk bekerja sama dan mencari data dari berbagai macam sumber.
9.Daffa merupakan seorang siswa yang berasal dari Kalimantan. Ia ikut orang tuanya pindah ke Bandung. Teman-temannya di sekolah sebagian besar berkebangsaan Sunda. Daffa mengalami kesulitan dalam beradaptasi akibat perbedaan budaya. Berikut ini adalah hal yang sebaiknya menjadi prioritas guru untuk membantu Daffa, kecuali….
A. membentuk hubungan saling menghormati antara sesama peserta didik, terlepas dari kondisi latar belakang mereka
B. menunjukkan sikap ramah agar ia merasa aman dan nyaman
C. memberikan sambutan yang menarik dari rekan peserta didik serta guru
D. memberi semangat agar ia tidak merasa kurang percaya diri di depan teman-temannya
E. menyelenggarakan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia mampu meningkatkan kemampuan akademiknya
Jawaban: E.menyelenggarakan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia mampu meningkatkan kemampuan akademiknya
10.Ibu Asri adalah pengajar Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin siswanya menceritakan tentang makanan tradisional menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang tidak dapat dilakukan oleh Bu Asri, yaitu…
A. Menampilkan pedagang makanan tradisional setempat sebagai salah satu sumber inspirasi bagi siswa dalam menyusun cerita
B. Menyajikan berbagai jenis makanan tradisional, kemudian meminta siswa memilih salah satu sebagai bahan cerita
C. Mengajak siswa untuk membuat makanan tradisional sebagai bahan dasar dalam menyusun sebuah cerita
D. Mengajak siswa untuk mencari data mengenai makanan tradisional dari berbagai sumber dalam menyusun sebuah cerita
E. Menampilkan video yang menceritakan berbagai jenis makanan tradisional sebagai bahan referensi bagi siswa dalam menyusun cerita
Jawaban: CMengajak siswa untuk menyusun hidangan tradisional sebagai bahan dasar dalam membuat sebuah cerita.
***