Jawaban: Komponen Pembelajaran yang Terlewatkan oleh Latar Belakang Budaya Peserta Didik?

Komponen pembelajaran yang sering tidak mempertimbangkan latar belakang budaya peserta didik adalah….? Lihat kunci jawaban Modul CRT PPG 2025.

Lihat juga jawaban soal: Pembelajaran berbasis pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih efektif, kecuali….? Pembelajaran dengan pendekatan CRT dibuat dengan mengacu pada……

Pembelajaran Responsif Budaya (CRT) merupakan pendekatan yang memadukan keragaman budaya peserta didik dalam proses pembelajaran guna memperkuat identitas diri, meningkatkan hasil belajar, serta menciptakan hubungan yang bermakna melalui pemahaman terhadap pengalaman dan pengetahuan budaya mereka. Topik ini diajarkan kepada peserta PPG 2025 dalam modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (Umum) di platform Ruang GTK yang kini masuk pada tahap kedua, dengan tugas berupa Latihan Pemahaman, dan artikel ini memberikan jawaban sebagai panduan bagi guru.

Kini perhatikan Soal Pemahaman Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran

1. Pembelajaran menggunakan pendekatan CRT disusun berdasarkan….

  • riwayat pendidikan peserta didik
  • riwayat keluarga peserta didik
  • latar belakang hubungan teman belajar peserta didik
  • latar belakang budaya peserta didik
  • riwayat pendidikan peserta didik asal sekolah peserta didik sejarah pendidikan peserta didik latar belakang pendidikan peserta didik riwayat sekolah peserta didik asal institusi pendidikan peserta didik pengalaman pendidikan sebelumnya peserta didik informasi latar belakang pendidikan peserta didik riwayat pendidikan sebelum masuk ke sekolah ini data latar belakang pendidikan peserta didik

Jawaban: latar belakang budaya peserta didik

2. Pembelajaran berbasis pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali….

  • kebiasaan 
  • karakter 
  • pengalaman 
  • perspektif 
  • prestasi 

Kunci Jawaban: prestasi 

3. Unsur pembelajaran yang bisa mengabaikan pertimbangan latar belakang budaya peserta didik adalah…

  • tujuan pembelajaran 
  • materi ajar 
  • kegiatan pembelajaran 
  • sumber pembelajaran 
  • media pembelajaran 

Kunci Jawaban: tujuan pembelajaran 

4. Guru harus memiliki kesadaran budaya yang kritis untuk….

  • mengukur nilai budaya secara objektif
  • menguji kepercayaan secara objektif 
  • meningkatkan kesadaran yang lebih tinggi terhadap sejarah
  • mengasah kemampuan komunikasi yang efektif meningkatkan keterampilan sosial yang baik mempelajari cara berinteraksi dengan orang lain secara efisien mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang baik meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain mengasah keterampilan hubungan interpersonal yang positif mempelajari teknik komunikasi yang efektif mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efisien meningkatkan keterampilan dalam berinteraksi dengan orang lain mengasah kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif
  • semua benar 
Baca Juga  Setelah Balap di Mandalika, Pembalap Spanyol Mendaki Rinjani dan Wisata Lombok

Kunci Jawaban: semua benar 

5. Manfaat dari pembelajaran berbasis CRT adalah, kecuali….

  • Meningkatkan semangat belajar siswa Meningkatkan antusiasme peserta didik dalam belajar Meningkatkan keinginan untuk belajar peserta didik Meningkatkan motivasi akademik siswa Mendorong minat belajar para peserta didik Meningkatkan dorongan belajar peserta didik Meningkatkan semangat akademik siswa Meningkatkan rasa ingin tahu dan antusiasme belajar peserta didik
  • Meningkatkan keterlibatan peserta didik 
  • Meningkatkan keterampilan sosial dan emosional siswa Mengembangkan kemampuan sosial dan emosional peserta didik Meningkatkan kemampuan interpersonal dan emosional siswa Meningkatkan keterampilan sosial serta perasaan emosional peserta didik Mengembangkan keterampilan sosial dan emosional bagi peserta didik
  • Meningkatkan kepuasan siswa dan tenaga pendidik
  • Meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan di sekolah

Jawaban: Meningkatkan kehadiran siswa di sekolah

6. Salah satu tahap dalam pembelajaran menggunakan pendekatan CRT adalah identitas pendidik. Pada tahap ini diharapkan….

  • siswa diajak untuk memahami identitas budaya orang lain dan mengambil maknanya
  • siswa diajak untuk memahami identitas budaya orang lain dan menghubungkannya dengan budayanya sendiri
  • siswa diajak untuk memahami identitas budaya orang lain dan merefleksikannya melalui sifat dan kepribadian mereka sendiri
  • siswa diajak untuk memahami identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan peserta didik diberikan kesempatan untuk mengenal aspek budaya mereka yang terkait dengan topik yang akan diajarkan siswa diajak mengenali ciri khas budaya mereka yang berkaitan dengan pelajaran yang akan diberikan peserta didik dilibatkan dalam proses pengenalan budaya sendiri yang relevan dengan materi yang akan dibahas siswa diberi kesempatan untuk memahami nilai budaya mereka yang berkaitan dengan bahan ajar yang akan disampaikan
  • siswa diajak untuk memahami identitas budayanya yang terkait dengan budaya negaranya peserta didik diberi kesempatan untuk mengenal aspek budaya mereka sendiri yang berkaitan dengan budaya negara siswa diajak mengenali budaya mereka yang terkait dengan budaya nasional peserta didik diajak untuk mengenal nilai budaya yang dimiliki oleh negaranya siswa diperkenalkan pada identitas budaya yang relevan dengan budaya bangsanya peserta didik diberikan kesempatan untuk memahami budaya yang menjadi ciri khas negaranya siswa diajak mengenali dan memahami budaya yang dimiliki oleh negaranya peserta didik diajak untuk mengenal dan menghargai budaya yang terkait dengan negaranya siswa diberi kesempatan untuk mengenali identitas budaya yang berkaitan dengan kebudayaan negaranya peserta didik diajak untuk memperkenalkan diri dengan budaya yang terkait dengan negaranya
Baca Juga  Paskibraka Tana Toraja Mulai Latihan, 70 Siswa Siap Berkibarankan Merah Putih

Jawaban: siswa diajak untuk memahami identitas budaya mereka sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan

7. Dalam sebuah pertemuan, siswa-siswa Pak Widi sangat antusias saat membandingkan hasil diskusi mengenai budaya dengan topik yang sedang mereka pelajari. Namun, Pak Widi menyadari bahwa ia perlu ikut serta dalam diskusi agar proses pembelajaran tetap berjalan sesuai rencana. Dalam situasi ini, Pak Widi bisa berperan sebagai….

  • motivator 
  • fasilitator 
  • pendamping 
  • instruktur 
  • pengambil kesimpulan 

Kunci Jawaban: fasilitator 

8. Pak Rafi sedang mengajar menggunakan pendekatan CRT di dalam kelasnya. Siswa merasa bingung menemukan hubungan antara materi yang sedang dipelajari dengan budaya mereka. Tindakan yang dapat dilakukan oleh Pak Rafi adalah….

  • Mengajak siswa untuk bekerja sama dan mencari data dari berbagai macam sumber.
  • Mengajak siswa untuk berupaya menyelesaikan masalah tersebut semaksimal mungkin
  • Mengajak siswa mencari jawaban di dalam buku teks
  • Mengajak siswa mencari jawaban dengan melakukan wawancara terhadap anggota sekolah
  • Mengajak siswa untuk berdiskusi dan jika masalah belum terselesaikan, segera diberikan penyelesaiannya.
Baca Juga  Kumpulan Soal TKA SMP Lengkap dengan Jawaban

Jawaban: Mengajak siswa untuk bekerja sama dan mengumpulkan data dari berbagai sumber

9. Daffa adalah seorang siswa yang berasal dari Kalimantan. Ia ikut pindah ke Bandung bersama orang tuanya. Teman-temannya di sekolah umumnya berasal dari suku Sunda. Daffa mengalami kesulitan dalam beradaptasi akibat perbedaan budaya. Berikut ini hal yang dapat menjadi prioritas guru untuk membantu Daffa, kecuali….

  • membangun hubungan saling menghormati antara sesama peserta didik, terlepas dari kondisi latar belakang mereka
  • menunjukkan sikap ramah agar ia merasa aman dan nyaman
  • memberikan ucapan yang baik dari rekan peserta didik serta guru
  • memberikan semangat agar ia tidak merasa kurang percaya diri di depan teman-temannya
  • menyelenggarakan kelas tambahan bahasa lokal secara gratis agar ia mampu meningkatkan kemampuan akademiknya

Jawaban: menyediakan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia mampu meningkatkan kemampuan akademiknya.

10. Ibu Asri adalah guru Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin siswanya menceritakan tentang makanan tradisional menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang tidak dapat dilakukan oleh Bu Asri, yaitu…

  • Menampilkan pedagang makanan tradisional setempat sebagai salah satu sumber inspirasi bagi siswa dalam menyusun cerita.
  • Menyajikan berbagai jenis makanan tradisional dan mengajak siswa memilih salah satu di antaranya sebagai bahan cerita.
  • Mengajak siswa untuk menyusun hidangan tradisional sebagai bahan dalam penyusunan cerita.
  • Mengajak siswa untuk mencari data mengenai makanan tradisional dari berbagai sumber dalam menyusun sebuah cerita.
  • Menyajikan video yang menggambarkan berbagai jenis makanan tradisional sebagai bahan referensi bagi siswa dalam menyusun cerita.

Jawaban: Mengajak siswa untuk menyusun cerita berdasarkan pembuatan makanan tradisional.

***

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses

error: Content is protected !!