Apakah boleh memakai Handphone di pesawat?

Sekolah Pramugari – Bisakah Anda menggunakan ponsel di pesawat? Yah, ini rumit. Kami mencoba menjabarkannya sebanyak mungkin  inilah semua pertanyaan Anda tentang penggunaan telepon dalam penerbangan, dijawab.

Bisakah saya menggunakan ponsel saya di pesawat?

Jawaban singkatnya: ya dan tidak. Penumpang masih tidak diizinkan untuk menggunakan koneksi seluler mereka untuk mengirim pesan teks di pesawat, tetapi sejak Oktober 2013 penggunaan perangkat seperti iPhone dan tablet diizinkan pada penerbangan di AS, asalkan mereka dalam mode pesawat saat mendarat di hanggar dan di langit.

Penumpang dapat mengaktifkan Wi-Fi kapan saja, tetapi kemungkinan tidak akan dapat mengakses jaringan dalam penerbangan sampai ada pengumuman bahwa layanan ini aktif. Biasanya ketika pesawat terbang di atas 10.000 kaki. Meskipun itu bisa segera berubah: bulan lalu, Norwegian Airlines meluncurkan Wi-Fi “gerbang-ke-gerbang”, yang akan berfungsi saat lepas landas dan mendarat.

Baca juga: Apakah Penumpang Boleh Berfoto di Pesawat?

Bisakah saya mengirim pesan teks di pesawat terbang?

Ya, tetapi hanya menggunakan koneksi Wi-Fi. Larangan menggunakan koneksi seluler berarti penumpang tidak dapat mengirim SMS. Komunikasi apa pun harus melalui Wi-Fi dengan aplikasi perpesanan yang menyediakan fungsionalitas serupa seperti iMessage, WhatsApp, atau Viber. Sejumlah maskapai telah memasukkan SMS gratis ke dalam penawaran mereka, termasuk Southwest, Delta, Alaska, dan JetBlue. Tentu saja, jika ongkos Anda termasuk akses ke Wi-Fi pesawat, Anda juga dapat mengirim email, menciak, dan memperbarui Facebook sebanyak yang dimungkinkan oleh bandwidth.

Tidak akan telepon saya mati pada saat kami mendarat?

Maskapai penerbangan menambahkan lebih banyak colokan listrik untuk menjaga ponsel dan tablet penumpang terisi daya. Untuk melihat apakah pesawat yang mengoperasikan penerbangan Anda memiliki colokan — atau port USB yang praktis — cek dengan maskapai Anda atau konsultasikan dengan SeatGuru.com, yang memperlihatkan informasi kursi per kursi untuk semua maskapai besar. Untuk memastikan Anda tidak berisiko perangkat mati, charger ponsel portabel akan menjamin Anda memiliki cukup jus untuk mencapai tujuan akhir Anda.

Bisakah saya melakukan panggilan telepon?

Panggilan seluler tidak diperbolehkan pada maskapai penerbangan domestik, tetapi banyak maskapai internasional, termasuk British Airways, Emirates, dan Etihad memungkinkan penerbang untuk mengobrol melalui panggilan suara selain mengirim pesan teks dan menjelajahi web. Sejauh ini, belum ada insiden besar yang dilacak pada kenyataan bahwa panggilan telepon diperbolehkan. Bahkan, pembawa ultra murah Ryanair bahkan menghentikan panggilan suara karena minat penumpang terhadap mereka sangat rendah setelah mencoba layanan pada tahun 2009.

Banyak orang berpikir mengizinkan panggilan suara adalah ide yang buruk (bahkan Ketua FCC mengatakan dia “menghargai momen hening pada ketinggian 30.000 kaki”), tetapi beberapa pelancong tidak menganggap itu masalah. Lagi pula, selebaran memiliki kesempatan untuk melakukan panggilan di masa lalu — ingat Verizon Airfone yang dulu dipasang di setiap baris?

Mengapa kita tidak mengambil mode pesawat begitu saja?

Dunia telah berubah. Ingat ketika Anda dulu harus mematikan telepon Anda setiap kali pesawat akan lepas landas atau mendarat? Untuk banyak rute domestik yang lebih pendek, fase penerbangan yang sebelumnya dilarang menggunakan perangkat ditambahkan ke bagian signifikan dari seluruh perjalanan. Untuk pelancong bisnis, itu kehilangan produktivitas. Bagi kita semua, itu adalah kebosanan yang tidak perlu.

Ada lagi yang perlu saya ketahui?

Di luar kenyataan bahwa aturan penerbangan ada untuk keselamatan Anda, lupa untuk menempatkan perangkat Anda dalam mode pesawat juga bisa dikenakan biaya uang tunai yang serius. Tahun lalu, seorang pria yang meninggalkan teleponnya selama penerbangan dari Irlandia ke Amerika Serikat menerima tagihan roaming yang buruk hampir $ 300 dari penyedia layanannya. Antena pesawat dapat terhubung ke perangkat di papan serta landasan di bawah ini, yang berarti perangkat yang terlupakan termasuk Kindle dan iPad  mungkin aktif menagih biaya tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.