Cara Mengatasi Ketakutan Anda Terbang

Sekolah PramugariBanyak orang suka bepergian dan melihat tempat-tempat baru, tetapi ada satu bagian dari perjalanan yang tidak begitu menyenangkan: terbang. Bagi sebagian orang, terbang itu mudah, berkat tarif tinggi, penundaan penerbangan, dan kehilangan bagasi. Tetapi untuk pelancong lain, terbang lebih dari nyaman; itu menakutkan.

 

Ketakutan untuk terbang dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk claustrophobia atau rasa takut akan ketinggian. Banyak selebaran yang gugup merasakan kecemasan yang tidak rasional bahwa pesawat mereka akan mengalami kegagalan fungsi dan kecelakaan, tidak peduli berapa kali mereka mendengar statistik tentang seberapa aman penerbangan dibandingkan dengan mengemudi. Wisatawan lain khawatir tentang pembajakan teroris atau panik pada gagasan bahwa mereka tidak mengendalikan pesawat yang membawa mereka.

 

Tidak masalah mengapa Anda takut terbang, ada langkah-langkah tertentu yang dapat Anda ambil untuk membantu mengurangi ketakutan Anda. Terbang atau tidak terbang adalah keputusan pribadi, dan keputusan yang tidak dapat diambil orang lain untuk Anda. Tetapi bagi Anda yang bertekad untuk tidak membiarkan ini mengubah cara hidup Anda, di bawah ini adalah beberapa tips untuk mengatasi rasa takut Anda terbang.

Temui Kru

Jika ada waktu sebelum penerbangan Anda, minta bertemu pilot pesawat Anda. Atau, luangkan satu atau dua menit mengobrol dengan pramugari. Seringkali, bertemu dengan orang-orang yang memegang keselamatan Anda di tangan mereka dapat membuat pesawat tampak seperti lingkungan yang ramah dan meyakinkan Anda bahwa kru memiliki pengetahuan dan kompeten.

Baca juga : Bagaimana cara menjadi seorang Avsec?

Tune In

Pastikan ponsel atau tablet Anda diisi dengan musik yang menenangkan untuk membantu Anda memasuki kerangka berpikir yang damai. Anda juga mungkin ingin mengunduh sesi meditasi pereda stres atau pernapasan instruksional dari aplikasi seperti Headspace (iOS | Android) atau Simple Habit (iOS | Android) sehingga Anda dapat mendengarkannya ketika ponsel Anda dalam mode pesawat.

Ingatkan Diri Anda yang Bertanggung Jawab

Banyak selebaran yang cemas terganggu oleh kurangnya kendali yang mereka rasakan karena mereka tidak memiliki pengaruh terhadap keselamatan atau kinerja pesawat. Cobalah untuk mendapatkan kembali sedikit kendali dengan mengingatkan diri sendiri bahwa Anda telah membuat keputusan untuk terbang dan bahwa Anda dapat memutuskan bagaimana Anda merespons pengalaman itu.

Bernafas

Saat kecemasan meningkat, pernapasan Anda mungkin menjadi dangkal — tetapi pernapasan dalam dan sadar adalah pereda stres instan. Tarik napas perlahan dan dalam selama lima atau 10 hitungan, melalui hidung dan keluar melalui mulut.

Meskipun sedikit nasihat ini mungkin tampak jelas, pernapasan bisa dibilang adalah cara terbaik untuk menghilangkan kecemasan. Wehrenberg menjelaskan bahwa pernapasan yang terkontrol bekerja karena “bernapas adalah satu-satunya hal yang akan menghentikan serangan panik.”

Menghidupkan ventilasi udara di atas kepala Anda, bersandar, dan menutup mata Anda dapat membantu Anda merasa kurang sesak. Mengendus sachet lavender atau menghisap peppermint adalah trik meditasi lainnya yang menenangkan.

Baca atau Tonton Sesuatu yang Menyenangkan

Kemas majalah, buku bagus, atau teka-teki untuk mengalihkan pikiran Anda dari apa yang terjadi. Pesan komedi di sistem hiburan dalam pesawat Anda, atau muat beberapa film favorit Anda ke laptop Anda. Pastikan untuk menyimpan pada kegiatan yang akan berlangsung selama durasi penerbangan Anda dan bahwa Anda dapat terus menikmati ketika saatnya untuk mematikan perangkat elektronik.

Minumlah

Banyak selebaran saraf beralih ke alkohol untuk menenangkan saraf mereka. Meskipun ini mungkin cukup baik, perlu diingat bahwa alkohol tidak boleh dikombinasikan dengan obat anti-kecemasan. Juga, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, khususnya di lingkungan pesawat yang gersang. Jika Anda benar-benar manjakan diri Anda dengan koktail, pastikan untuk mengikutinya dengan banyak air.

Hindari Kafein

Ini dan stimulan lainnya dapat membuat Anda semakin gelisah.

Ikuti Aliran

Ketahuilah bahwa kepanikan itu sementara, dan itu akan berlalu. Jika Anda merasa takut kehilangan kendali dan menyerah pada ketakutan selama penerbangan, ingatkan diri Anda bahwa bahkan serangan panik penuh hanyalah penderitaan sementara; Anda akan melewatinya.

Lebih Banyak Ketakutan tentang Bantuan Terbang

Jika rasa takut Anda sangat melemahkan dan Anda sudah mencoba teknik relaksasi lainnya tanpa hasil, tanyakan kepada dokter Anda apakah mungkin perlu minum obat anti-kecemasan atau pil tidur sebelum Anda terbang.

Hubungi seorang Profesional

Bagaimana Anda tahu kapan saatnya membuat janji dengan seorang profesional medis? Wehrenberg mengatakan, “Jika Anda kurang tidur, merasa sakit karena kecemasan, atau menghindari bepergian dengan mengorbankan kenyamanan Anda sendiri atau orang lain,” terapis atau konselor berlisensi dapat membantu Anda mengetahui akar penyebab ketakutan Anda dan bagaimana cara mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.