Pembelajaran CRT: Jawaban Soal PPG 2025

Pembelajaran Responsif Budaya (CRT) adalah metode pengajaran yang mengakui dan menghargai keragaman budaya siswa dengan memasukkan aspek budaya tersebut ke dalam proses pembelajaran. Tujuannya adalah membantu siswa memahami, menghargai, serta memperkuat identitas budaya mereka sambil meningkatkan prestasi akademik. Dalam hal ini, guru tidak hanya menambahkan materi berkaitan dengan budaya, tetapi juga menciptakan hubungan yang bermakna, memahami pengalaman hidup siswa, serta menggunakan pengetahuan budaya sebagai jembatan untuk memahami materi pelajaran.

Topik ini dipelajari oleh peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 dalam modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (Umum) yang tersedia di platform Ruang GTK, yang kini memasuki tahap kedua. Setelah menyelesaikan modul tersebut, peserta akan mengerjakan Latihan Pemahaman. Oleh karena itu, bagi guru yang memerlukan, artikel ini menyediakan kunci jawaban sebagai panduan.

Kini perhatikan Soal Pemahaman Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran yang Responsif Budaya

1.Pembelajaran yang menggunakan pendekatan CRT dirancang berdasarkan pada….

  • riwayat pendidikan peserta didik
  • riwayat keluarga peserta didik asal usul keluarga peserta didik sejarah keluarga peserta didik informasi mengenai keluarga peserta didik data keluarga peserta didik latar belakang keluarga siswa riwayat keluarga siswa asal usul keluarga siswa sejarah keluarga siswa informasi tentang keluarga siswa
  • latar belakang hubungan teman belajar peserta didik
  • latar belakang budaya peserta didik
  • latar belakang pendidikan peserta didik

Jawabanlatar belakang budaya peserta didik

2.Pembelajaran berbasis pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali….

  • kebiasaan 
  • karakter 
  • pengalaman 
  • perspektif
  • prestasi 

Jawaban: prestasi 

3.Komponen pengajaran yang sering tidak memperhatikan latar belakang budaya peserta didik adalah…

  • tujuan pembelajaran 
  • materi ajar 
  • kegiatan pembelajaran 
  • sumber pembelajaran 
  • media pembelajaran 
Baca Juga  7 Pasar Khas India: Tradisional, Modern, dan Vintage

Jawaban: tujuan pembelajaran 

4.Guru harus memiliki kesadaran budaya yang kritis untuk….

  • mengukur nilai budaya secara objektif
  • menguji kepercayaan secara objektif 
  • meningkatkan kesadaran yang lebih tinggi terhadap sejarah
  • mengasah kemampuan komunikasi yang efektif meningkatkan keterampilan sosial yang baik mempelajari cara berinteraksi dengan orang lain secara lebih baik mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efisien memperbaiki keterampilan dalam berhubungan dengan orang lain mengoptimalkan kemampuan berinteraksi dengan sesama manusia mengasah kemampuan bersosialisasi yang baik meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dan berinteraksi mengembangkan keterampilan berkomunikasi yang efektif mempelajari teknik berinteraksi dengan orang lain secara lebih baik
  • semua benar 

Jawaban: semua benar 

5.Manfaat dari pembelajaran berbasis pendekatan CRT adalah, kecuali….

  • Meningkatkan semangat belajar siswa Meningkatkan antusiasme peserta didik dalam belajar Meningkatkan keinginan untuk belajar dari siswa Meningkatkan motivasi akademik peserta didik Meningkatkan minat dan semangat belajar peserta didik
  • Meningkatkan keterlibatan peserta didik 
  • Meningkatkan keterampilan sosial dan emosional siswa Meningkatkan kemampuan sosial dan emosional peserta didik Meningkatkan keterampilan interpersonal dan emosional siswa Meningkatkan kemampuan sosial dan perasaan peserta didik Meningkatkan keterampilan sosial serta emosional murid
  • Meningkatkan kepuasan siswa dan tenaga pendidik
  • Meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan di sekolah

JawabanMeningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan di sekolah

6.Salah satu tahap dalam pembelajaran menggunakan pendekatan CRT adalah mengenai identitas pendidik. Pada tahap ini diharapkan….

  • siswa diajak untuk memahami identitas budaya orang lain dan mengambil maknanya
  • siswa diajak untuk memahami identitas budaya orang lain dan menghubungkannya dengan budayanya sendiri
  • siswa diajak untuk memahami identitas budaya orang lain dan mencerminkan hal tersebut melalui sifat serta kepribadian mereka sendiri.
  • siswa diajak untuk memahami identitas budayanya sendiri yang terkait dengan materi yang akan disampaikan
  • siswa diajak untuk memahami identitas budayanya yang terkait dengan budaya negaranya
Baca Juga  15.370 Siswa Dapat Laptop dari Pemerintah, Ini Alasannya

Jawabansiswa diajak untuk memahami identitas budaya mereka sendiri yang terkait dengan materi yang akan disampaikan

7.Pada sebuah pertemuan, siswa-siswa Pak Widi sangat antusias saat membandingkan hasil diskusi mengenai budaya dengan topik yang sedang mereka pelajari. Namun, Pak Widi menyadari bahwa ia perlu ikut serta dalam diskusi agar proses pembelajaran tetap berjalan sesuai rencana. Dalam situasi ini, Pak Widi dapat berperan sebagai….

  • motivator 
  • fasilitator 
  • pendamping 
  • instruktur 
  • pengambil kesimpulan 

Jawaban: fasilitator 

8.Pak Rafi sedang mengajar menggunakan pendekatan CRT di kelasnya. Siswa-siswanya merasa bingung menemukan hubungan antara materi yang sedang dipelajari dengan budaya mereka. Langkah yang dapat dilakukan oleh Pak Rafi adalah…

  • Mengajak siswa untuk bekerja sama dan mencari data dari berbagai macam sumber.
  • Mengajak siswa untuk berupaya menyelesaikan masalah tersebut semaksimal mungkin
  • Mengajak siswa mencari jawaban dalam buku pelajaran
  • Mengajak siswa mencari jawaban dengan melakukan wawancara terhadap anggota sekolah
  • Mengajak siswa untuk berdiskusi dan jika masalah belum terselesaikan, segera diberikan penyelesaiannya.

JawabanMengajak siswa untuk bekerja sama dan mencari data dari berbagai macam sumber.

9.Daffa adalah seorang siswa yang berasal dari Kalimantan. Ia ikut pindah ke Bandung bersama orang tuanya. Kebanyakan teman-temannya di sekolah berkebangsaan Sunda. Daffa mengalami kesulitan dalam beradaptasi akibat perbedaan budaya. Berikut ini hal yang sebaiknya menjadi prioritas guru untuk membantu Daffa, kecuali….

  • membangun hubungan saling menghormati antara sesama peserta didik, terlepas dari kondisi latar belakang mereka
  • menunjukkan sikap ramah agar ia merasa aman dan nyaman
  • memberikan ucapan yang baik dari rekan peserta didik serta guru
  • memberi semangat agar ia tidak merasa kurang percaya diri di depan teman-temannya
  • menyelenggarakan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia mampu meningkatkan kemampuan akademiknya
Baca Juga  Menerjang Tol Kataraja Menuju WITF 2025

Jawabanmenyediakan kelas tambahan bahasa lokal secara gratis agar ia mampu meningkatkan kemampuan akademiknya

10.Ibu Asri adalah pengajar Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin siswanya menceritakan tentang makanan khas menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang tidak bisa dilakukan oleh Bu Asri, yaitu…

  • Menampilkan pedagang makanan tradisional setempat sebagai salah satu sumber inspirasi bagi siswa dalam menyusun cerita.
  • Menyajikan berbagai jenis makanan tradisional kemudian meminta siswa memilih salah satu sebagai bahan cerita.
  • Mengajak siswa membuat makanan tradisional sebagai bahan dasar dalam menyusun sebuah cerita.
  • Mengajak siswa untuk mencari data mengenai makanan tradisional dari berbagai sumber dalam menyusun sebuah cerita.
  • Menyajikan video yang menggambarkan berbagai jenis makanan tradisional sebagai bahan referensi bagi siswa dalam menyusun cerita.

JawabanMengajak siswa untuk membuat makanan tradisional sebagai bahan dasar dalam menyusun sebuah cerita.

***

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses

error: Content is protected !!