Peran Utama dan Kualifikasi Staff Penerbangan

Peran Utama dan Kualifikasi Staff Penerbangan

Sekolah Staff Penerbangan – Staff penerbangan juga biasa disebut sebagai awak kabin maskapai penerbangan. Mereka bertanggung jawab atas kenyamanan, keselamatan, dan kesejahteraan penumpang yang bepergian dengan pesawat selama penerbangan jarak pendek dan jarak jauh. Bekerja sebagai pramugari untuk maskapai besar membuat Anda mengenal banyak orang serta peluang untuk serta sering bepergian. Sedangkan sebagai awak kabin dari maskapai penerbangan komersial berbagi tanggung jawab untuk keselamatan dan kenyamanan penumpangnya. Tugas mereka meliputi:

  • Menyapa penumpang saat mereka naik dan keluar dari pesawat
  • Menunjukkan penumpang ke kursi mereka dan memberikan perhatian khusus kepada penumpang tertentu, seperti orang tua atau penyandang cacat
  • Menyajikan makanan dan minuman
  • Memeriksa kondisi dan penyediaan peralatan darurat dan informasi untuk penumpang
  • Mendemonstrasikan peralatan darurat dan prosedur keselamatan
  • Mengelola pertolongan pertama
  • Berurusan dengan keadaan darurat
  • Membantu penumpang dengan menyediakan surat kabar, majalah, dan hiburan dalam penerbangan
  • Menjual barang-barang komersial bebas bea pajak dan mengejar target penjualan
  • Membuat laporan penerbangan tertulis setelah menyelesaikan perjalanan
Baca Juga  Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Ground Handler

Peran tersebut pekerjaan yang menuntut fisik dan emosional serta tingkat tanggung jawab yang tinggi. Awak kabin diharapkan menangani semua penumpang secara diplomatis bahkan ketika merasakan efek bepergian melalui zona waktu dan menghabiskan waktu yang lama dengan hanya berdiri sepanjang perjalanan. Banyak maskapai penerbangan mengharuskan staf penerbangan untuk tinggal dalam jarak dekat dari bandara tertentu dan anggota kru mungkin harus pergi bekerja segera dengan pemberitahuan jika ada panggilan.

Jam kerja mungkin melibatkan shift panjang dan jam yang tidak menentu, dan mungkin masih diharuskan bekerja selama hari libur. Namun, banyak anggota awak kabin menikmati kesempatan untuk berinteraksi dengan berbagai macam orang dan peluang untuk menjelajahi serta menikmati tujuan penerbangan kemanapun. Waktu yang Anda punya mungkin sedikit lebih teratur jika Anda bekerja pada penerbangan jarak pendek apabila dibandingkan dengan Anda yang bekerja pada penerbangan jarak jauh. Jika Anda bekerja pada penerbangan jarak jauh, mungkin harus menginap semalam dan mungkin ada pembayaran tambahan untuk ini.

Baca Juga  Fungsi Layanan Pelanggan dari Staff Penerbangan Darat

Kualifikasi dan pelatihan yang diperlukan

Gelar biasanya tidak diperlukan untuk bekerja sebagai awak kabin maskapai. Namun, gelar dalam perjalanan, pariwisata, manajemen perhotelan, waktu luang atau bahasa mungkin bermanfaat. Gelar keperawatan juga bisa relevan. Kepribadian, penampilan, serta kesehatan dan kebugaran yang baik biasanya lebih penting daripada kualifikasi akademis.

Pengalaman kerja dalam pelayanan publik akan membantu Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan yang diperlukan. Pengalaman yang diperoleh dalam keperawatan, katering, atau perdagangan hotel, pariwisata atau perjalanan cenderung menjadi keuntungan. Sebagian besar maskapai penerbangan membutuhkan staf kabin untuk menyelesaikan kursus pelatihan yang mencakup hal-hal seperti prosedur keselamatan, masalah hukum / imigrasi dan layanan pelanggan saat masuk ke negara tertentu. Berbagai kursus pelatihan pendahuluan juga tersedia, yang memperkenalkan siswanya pada keterampilan dan proses rekrutmen. Kursus-kursus semacam itu seringkali memiliki tautan yang bermanfaat dengan perekrut besar dan dapat menjadi keuntungan, tetapi tidak menjamin masuk ke profesi tersebut. Dan berikut ini adalah keterampilan utama untuk seorang staff penerbangan:

  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Keterampilan interpersonal yang sangat baik
  • Kemampuan untuk tetap tenang dalam keadaan darurat atau ketika berhadapan dengan penumpang yang sulit
  • Diplomasi dan memiliki sikap yang bijaksana
  • Penglihatan dan pendengaran yang bagus
  • Kesehatan dan kebugaran umum yang baik (banyak maskapai penerbangan membutuhkan staf kabin untuk dapat berenang sedikitnya 25 m)
  • Ketegasan
  • Kemampuan untuk menjaga wajah ceria ketika Anda sudah lama berdiri dan berada di jam kerja Anda

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!