Sekolah Staff Penerbangan – Dalam penerbangan, istilah “penanganan darat” atau ground handling mengacu pada berbagai layanan. Yaitu layanan yang disediakan untuk memfasilitasi penerbangan pesawat atau reposisi darat. Dan juga persiapan sebelum dan setelah penerbangan yang akan mencakup fungsi layanan penumpang dan fungsi layanan jalan.
Fungsi Layanan Pelanggan dari Staff Penerbangan Darat
- Tiketing. Meskipun sebagian besar penumpang akan tiba di bandara dengan tiket sudah berada di tangan, tetapi ada ketentuan di sebagian besar counter di bandara untuk pembelian tiket di tempat. Bahkan ketika Anda akan berangkat secara mendadak.
- Mendaftar/check-in. Counter check-in elektronik menjadi lazim di sebagian besar bandara utama. Namun, masih akan ada agen layanan pelanggan untuk membantu penumpang dengan proses check-in, memverifikasi dokumentasi, menandai dan memproses bagasi terdaftar mereka. Dan tak ketinggalan adalah untuk memastikan bahwa bagasi kabin sesuai dengan ukuran, berat, dan konten yang sesuai dengan peraturan yang ada.
- Bagasi Yang Terlalu Besar. Ketentuan khusus akan tersedia untuk bagasi yang terlalu besar dan sangat berat. Biasanya akan diletakkan di lokasi sekunder, khusus untuk penerimaan barang-barang yang terlalu besar atau sangat berat
- Sortasi Bagasi. Tas akan disortir secara elektronik atau manual berdasarkan penerbangan dan dimasukkan ke Unit Load Device (ULD). Atau ditempatkan di troli bagasi sebagai persiapan pemuatan pesawat
- Manajemen Lobi. Agen layanan penumpang akan memastikan bahwa jumlah meja check-in yang sesuai sudah tersedia, dikelola dan memiliki papan tanda pengenal yang sesuai. Serta mengarahkan dan mengendalikan arus penumpang dalam beberapa antrian yang sesuai, tertib dan efisien.
- Operasi Luar Biasa. Agen Layanan Pelanggan akan tersedia untuk mengakomodasi persyaratan Operasi Luar Biasa seperti pemesanan tiket ulang penumpang yang ketinggalan penerbangan. Atau menyediakan kupon makanan dan akomodasi, atau pengaturan transportasi alternatif, jika terjadi penundaan atau pembatalan penerbangan.
- Penanganan Kebutuhan Khusus. Agen layanan pelanggan akan membuat pengaturan untuk kursi roda atau transportasi lain ke gerbang keberangkatan untuk penumpang yang memiliki keterbatasan mobilitas. Dan akan memproses, melindungi dan mengawasi anak di bawah umur yang tidak didampingi mulai dari check-in hingga naik ke pesawat. Dan juga dari pesawat terbang untuk kemudian diserahkan kepada orang tua atau orang lain yang berwenang atas anak tersebut.
- Tugas Gerbang. Dalam koordinasi dengan otoritas bandara, petugas gerbang pesawat akan ditugaskan dan informasi terkait gerbang tersebut diteruskan ke penumpang.
- Manajemen Ruang Tunggu. Jika tersedia, lounge bisnis dan kelas satu, tersedia untuk penumpang yang memenuhi syarat, akan dikelola dan disediakan pelayanan terbaik bagi penumpang tersebut.
- Boarding Pesawat. Agen darat akan membuat pengumuman lepas landas yang tepat, melakukan pengecekan penumpang akhir dan verifikasi dokumen dan memberikan manifes penumpang akhir serta dokumentasi penumpang kepada awak pesawat. Jika penumpang harus dibawa ke pesawat atau harus berjalan, agen darat akan memastikan keselamatan penumpang saat berada di jalan ketika berjalan.
- Pesawat Terbang. Staf darat akan menerima semua dokumen bea cukai masuk dan menerima penumpang yang tiba di pesawat dan memfasilitasi transfer mereka ke gedung terminal yang ada. Kemudian menangani seperlunya terkait dengan masalah yang timbul dari keterlambatan masuk atau pembatalan penerbangan lanjutan.
- Layanan Bagasi. Agen darat akan membantu dengan bagasi yang hilang, salah arah atau rusak.
Demikian pentingnya tugas staff penerbangan darat ini, maka Anda yang ingin berkarir menjadi salah seorang diantaranya tidak boleh asal-asalan memilih sekolah staff penerbangan ini. Dengan banyaknya pengalaman dan alumni yang sudah terbang ke banyak penjuru dunia, kami hadir menjawab kebutuhan Anda untuk menjadi seorang staf penerbangan yang terampil dan berdedikasi tinggi.