Inilah Alasan Kenapa HP Harus Dalam Mode Penerbangan Ketika di Pesawat

Sekolah Pramugari – Ada banyak aturan di pesawat terbang. Beberapa tidak terucapkan, pribadi, dan siap untuk ditafsirkan (jangan berbaring di kursi saat orang di belakang Anda makan; jangan pergi ke toilet tanpa alas kaki), sementara yang lain adalah kebijakan resmi, diumumkan melalui interkom sebelum keberangkatan penerbangan. Dan setelah kami diminta untuk mengikat sabuk pengaman kami, meletakkan meja nampan kami, dan menggerakkan kursi kami ke depan, kami mendengarnya: permintaan untuk mematikan perangkat elektronik sepenuhnya, atau menempatkannya pada mode pesawat. Tetapi mengingat bahwa kita dapat menggunakan perangkat seluler kita hampir di mana saja saat ini — dan hei, bahwa ada Wi-Fi yang kuat pada ketinggian 35.000 kaki — ada apa ini? Jika Anda membiarkan ponsel aktif, bagaimana pengaruhnya terhadap pesawat?

Sebagai permulaan, kebanyakan tentang keamanan. Dan sementara larangan A.S. pada awalnya dilaksanakan pada 1990-an karena kekhawatiran tentang frekuensi ponsel yang menyebabkan kegagalan fungsi sistem elektronik pesawat — atau lebih buruk lagi, kecelakaan — tidak ada bukti bahwa ini adalah masalahnya. Namun, pilot telah mencatat bahwa ponsel yang mentransmisikan sinyal dapat menyebabkan gangguan suara pada radio pesawat, menyamakannya dengan suara CD yang dilompati. Gangguan ini, pada gilirannya, berpotensi memblokir frekuensi radio selama satu atau dua detik dan menyebabkan kebingungan antara pilot dan kontrol lalu lintas udara.

Baca juga: Cara Mendapatkan Lisensi Pilot Helikopter Jenis dan Biaya

Apakah telepon akan menyebabkan gangguan seperti itu tergantung pada berbagai faktor: jika perangkat mengirim atau menerima panggilan di tepi penerimaan sel (biasanya antara 5.000 dan 10.000 kaki), jarak ponsel ke kokpit, dan model alat. Satu pilot memperkirakan mendengar kesalahan seperti itu pada 2-3 persen dari penerbangannya, dan dengan pesawat baru, telepon, dan teknologi terkini, itu menjadi semakin langka. Seperti apa yang terjadi pada penumpang yang tidak mengalihkan ponsel ke mode pesawat? Tidak ada teguran dari pramugari, tidak banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.