Ingin Tahu Berapa Gaji Pramugari Airasia?

Maskapai AirAsia adalah salah satu maskapai penerbangan low cost budget. Asal dari maskapai ini adalah dari negara malaysia. Walaupun asalnya berasal dari Malaysia. Namun maskapai ini telah hampir ada disemua wilayah Asia.

Indonesia menjadi salah satu negara yang dimasuki oleh AirAsia. Awal penggunaan nama AirAsia di Indonesia adalah pada tanggal 1 Desember 2005, maskapai Awair mengubah namanya menjadai Indonesia AirAsia.

Kantor pusat maskapai AirAsia berada di Tangerang, tidak jauh dari Banda Udara Internasional Soekarno-Hatta. Di tahun 2013 karyawan yang bekerja di maskapai ini mencapai lebih dari 2000 orang.

Yang akan menjadi topik utama pembahasan di artikel kali ini jelas gaji karyawan AirAsia. Karyawan yang dimaksud adalah yang menjadi pramugari.

Sudah menjadi rahasia umum jika gaji karyawan yang bekerja di dunia aviasi terbilang besar. Apalagi gaji seorang pramugari.

Selain keuntungan gaji yang besar. Pramugari juga mendapatkan banyak benefit, benefit ini bisa bervariasi disetiap maskapai. Namun beberapa yang pasti akan ada diantaranya, asuransi kesehatan, tiket gratis pulang dan pergi termasuk juga untuk keluarga utama, penginapan gratis di lokasi tujuan dan lainnya.

Lalu berapa sebenarnya gaji pramugari di maskapai AirAsia?

Pramugari yang identik dengan seragam merah ini, memiliki gaji pokok atau gaji dasar sebesar 3 juta rupiah per bulan. Gaji ini merupakan gaji bersih tanpa dipotong.

Namun ternyata diluar gaji ini masih ada tambahan gaji yang berasal dari FATA. FATA adalah singkatan dari Flight allowance and travel allowance, singkatnya FATA ini adalah uang yang diberikan kepada pramugari ketika melakukan pekerjaan.

Jumlah FATA yang didapat tiap pramugari bisa berbeda-beda, namun untuk yang masih tingkat junior besaran yang didapat adalah sebesar 50 ribu rupiah per jam. Selain inipun pramugari masih mendapatkan pendapatan dari uang landing, uang RON  (remain over night) atau bisa juga disebut menginap di tempat landing. Ditambah uang kerajinan pramugari.

Jadi jika dengan asumsi seorang pramugari bisa terbang 6 jam perharinya, dikalikan dengan anggap lah hari efektifnya adalah 20 hari, maka akan mendapatkan ekstra 6 juta rupiah.

Sampai disini pasti kalian sudah bisa mengira berapa total gaji yang didapat. Perhitungan diatas jika kalian adalah pramugari junior, jika pramugari senior? Tentunya bisa lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.