Kenapa Lampu Kabin Diredupkan Ketika Akan Lepas Landas Dan Mendarat

Pendidikan Sekolah Pramugari โ€“ Ketika kabin menjadi redup, para penumpang tahu kalau pesawat akan segera lepas landas. Bisa juga saat pesawat yang mereka tumpangi akan segera mendarat.

Sebenarnya apa alasan dibalik dari di redupkannya lampu ini? Ada yang bilang ini sebagai prosedur keamanan, ada yang bilang agar bisa melihat kelaur pesawat dan masih banyak lagi.. apakah benar?

Well, tidak semuanya salah dan tidak semua benar.. Jon Lewis seorang pilot senior di maskapai penerbangan paman sam (Amerika Serikat) mengatakan hal ini dilakukan agar mata anda terbiasa.

โ€œsaat anda akan lepas landas atau mendarat di malam hari, ketika lampu diredupkan maka mata akan berusaha beradapatasi untuk bisa melihat di cahaya redupโ€ Sedangkan ketika siang hari hal ini tidak terlalu berpengaruh, ya karena cahaya siang lebih terang daripada lampu di kabin.

Efek lainnya juga termasuk penghematan energi pesawat. Menyalakan lampu itu butuh energi dari bahan bakar pesawat juga. Efeknya ketika lepas landas atau mendarat mesin pesawat bisa bekerja lebih optimal (lebih cepat).

Oke abaikan tentang penghematan energi. Ada hal yang lebih penting lebih dari sekedar itu. Tujuan utamanya di redupkan mampu memang untuk membiasakan mata. Ketika mata berada ditempat yang memiliki sedikit cahaya.

Maka mata akan beradaptasi untuk mencari sumber cahaya lain. Misalnya dari handphone atau dari luar jendela. Jadi banyak orang akan membuka tirai jendelanya ketika lampu diredupkan.

Butuh waktu sekitar 10 sampai 30 menit sampai mata kita bisa terbiasa dengan cahaya di luar. Jangka waktu ini sebenarnya sangat penting. Karena ketika mata tidak terbiasa dengan cahaya luar, ketika terjadi kendala pesawat. Mata butuh kalibrasi dengan cahaya luar.

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Dilakukan di Pesawat Agar Kamu Tidak Bosan

Jadi bisa disimpulkan tujuannya adalah keselamatan penerbangan. Walaupun banyak orang yang menyepelekan hal ini. Namun alangkah baiknya setelah anda membaca artikel ini. Anda menjadi pelopor untuk mengingatkan ke orang lain. Tentang pentingnya keselamatan pesawat.

Selain itu di kokpit pilot dan co-pilot juga meredupkan lampu mereka. Hal ini agar landasan dan arah lintasan terlihat lebih jelas.

Oke demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.